Semua Ada Disini

Gratisan E-Book, tutorial, berita dan Artikel Online

Join With Me!!!

ASP Programming (0)

05.00 by , under , ,

PHP vs JSP vs ASP Tepat sekali ketiganya adalah bahasa pemrograman scripting serverside untuk aplikasi berbasis web, saya rasa tidak perlu menjelaskan lebih jauh tentang definisinya, ada banyak sekali artikel di internet yang membahas tentang hal tersebut. Saya hanya ingin membandingkan antara ketiga bahasa pemrograman tersebut. Tapi asal tahu saja, sekarang saya hanya mendalami PHP, sedangkan yang lain hanya saya dengar dan baca dari beberapa artikel.
Mengapa memilih PHP?
PHP merupakan bahasa scripting yang powerfull dan juga sangat sederhana, mudah dipelajari. Apalagi saya pertama kali belajar bahasa pemrograman menggunakan C, jadi bisa dikatakan sangat cocok sekali. Sebenarnya yang paling menarik dari PHP (menurut saya) adalah syntaxnya yang sangat simpel dan juga koneksi ke database MySQL yang cukup mudah.
Kelebihan lain tentu karena harganya yang gratis, sehingga kita tidak perlu terikat lisensi apapun untuk membuat aplikasi berbasis web dengan PHP. Dan selanjutnya adalah dukungan dokumentasi yang sangat bagus serta support komunitas dan forum di seluruh dunia yang cukup banyak.
PHP juga mendukung penggunaan pemrograman struktural dan juga berbasis objek, ini yang juga yang membuat PHP sangat fleksibel dengan paradigma pemrograman apapun. Meski banyak yang mengatakan basis objek di PHP kurang kuat, tapi sejauh saya menggunakannya sudah lumayan bagus (yach pendapat newbie belum bisa dipercaya). Disamping itu juga sudah banyak framework yang mengimplementasikan OO untuk PHP, sehingga kita tidak perlu repot-repot mempelajari secara penuh OO, semua sudah di-handle framework. Tulisan selanjutnya mungkin saya ingin membahas tentang framework, InsyaAllah.
Bagaimana ASP dan JSP?
JSP merupakan bahasa turunan dari Java. Setelah browsing ke sana kemari mencari perbandingan antara JSP dan PHP sementara yang saya temukan kelebihan JSP dan PHP adalah dukungan pada OO-nya. Sebagai turunan Java yang full Object Oriented, JSP juga tentunya mempunyai fasilitas OOP yang lebih lengkap dan lebih kuat dari PHP. Tapi juga meneruskan tradisi Java yang (istilah saya) sangat "birokratis", JSP membagi semua fungsi dalam tiap kelas dan package yang sangat terstruktur dan bisa dikatakan cukup menyulitkan untuk pemula, belum lagi isu kecepatan akses Java yang terkenal lemot saat eksekusi meskipun sudah menggunakan JIT Compiler (Just In Time Compiler).
Pernah saya tanyakan pada dosen apakah memang objek oriented sepenting itu dan apakah nantinya JSP akan menggantikan dominasi PHP? Jawabanya simpel, "hanya masa depan yang bisa menjawab".
Sedangkan ASP adalah bahasa pemrograman made in Microsoft. Anda mungkin sudah bisa menerka kira-kira seperti apa ASP itu. Sangat compatible dengan .NET framework dan juga koneksi dengan MS SQL yang sangat bagus, tentu saja kan sama2 produk Microsoft. Berbayar, sudah pasti. Fungsionalitas dan kemudahannya? Ini yang saya kurang paham, karena belum pernah mencoba dan masih kekurangan bahan artikel tentang bahasa pemrograman yang satu ini. Tapi kabarnya ASP bahasa pemrograman yang berbasiskan event handling, ini tentu saja kabar baik bagi mereka yang tidak ingin beribet dengan HTML DOM dan javascipt untuk menangani event.
Ngomong-ngomong tentang event handling dan framework, saat ini saya juga sedang mempelajari Prado, salah satu framework PHP yang banyak ter-influence ASP dan Delphi, jadi saya bisa bangga mengatakan, kalau Cuma event handling kelebihan ASP, sayapun bisa memamnipulasinya dengan framework Prado.



edit post

0 Reply to "ASP Programming"

Join With Me!!!